Sabtu, 28 Juli 2012

Oracle vs Google

Diposting oleh    di    Tidak ada komentar:
 
Kepergian Gosling dari Oracle, pascaakui­sisi Sun, disebabkan oleh beberapa faktor. Esensi dari faktor itu adalah: pertama, Gosling tak merasa cukup dihargai sebagai seorang peneliti senior dan “Bapak Java”. Oracle menempatkan Gosling dalam posisi yang sulit dengan potongan penghasilan yang cukup besar dan tak adanya level “Fellow” di Oracle.
Faktor berikutnya, Oracle menurut Gosling telah mengambil alih kendali pada Java. Ia dan tim merasa tak lagi punya kekuatan untuk mengambil keputusan apapun.
Dan terakhir, Gosling merasa bagai sebuah boneka karena peranannya di Oracle adalah menjadi simbol, maskot, dan juru bicara seputar Java. Hal ini, ujar Gosling dalam sebuah wawancara di eWeek, tidak cocok dengan sifatnya.
Setelah keluar, Gosling pun melihat langkah “terburuk” Oracle ketika perusahaan itu akhirnya menuntut Google terkait penerapan Java pada Android. Oracle menuding Google melakukan pelanggar­an hak paten, termasuk di antaranya adalah paten atas nama Gosling.
“(Kejadian itu) bukan kejutan besar. Pada saat rapat penggabungan Sun dan Oracle, ketika kami ditanyai soal situasi paten antara Sun dan Google, kami bisa melihat kilatan di mata para pengacara Oracle. Mengajukan gugatan paten tak pernah ada dalam kode genetik Sun. Sial.” tulis Gosling dalam blog pribadinya, tak berapa lama setelah Oracle mengajukan tuntutannya pada Google.
Di satu sisi, Gosling tidaklah membela Google. Ia merasa, pada saat masih di Sun, ada hal-hal yang dilakukan Google lewat Android yang tidak pas dengan seleranya. Termasuk dalam hal ini fragmentasi platform Android dan masalah komersialisasi.
Di sisi lain, ia merasa Oracle mengambil langkah yang salah dengan melakukan perang di pengadilan. Gosling masih i­ngat betapa beratnya  terlibat dalam tuntutan paten dari IBM terhadap Sun di masa-masa awal. Ia juga terlibat dalam kasus Anti-Trust Microsoft yang sama-sama membuatnya banyak kehilangan waktu dan produktivitas.
“Tak ada pihak ‘bertopi putih’ dan tak bersalah dalam drama ini. Pertarungan ini bukanlah soal paten atau bahasa pemrograman. Tuntutan itu lebih soal ego, uang, dan kekuasaan,” tukas Gosling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Budayakan Kebersamaan All Right Reserved
Designed by OddThemes